My Coping Mechanism During Pandemic

It's been years since the last time I've written on a blog. Semoga kali ini lebih rajin lagi untuk menulis.

Blog ini mulai digarap di bulan Juli, tanggal 10 tepatnya. Aku bukan orang yang punya ingatan bagus untuk jangka waktu panjang. Jadi, kuharap blog ini bisa jadi pengingat untuk apa-apa yang sudah terjadi di keseharianku. 

Ini tahun kedua setelah sebuah virus baru datang ke Indonesia, COVID-19. Kondisi tahun ini jauh lebih parah. Kalau baca @nuicemedia di Twitter, tiap harinya Indonesia mecahin rekor sendiri untuk kasus orang yang terjangkit virus ini. Belum lagi adanya varian baru virus ini yang bikin penyebarannya lebih cepat. Tak ayal, akhir-akhir ini kebanyakan update baik di story Instagram maupun lini masa di Twitter-ku isinya selain berita dukacita, ya suara orang-orang yang minta bantuan untuk donor plasma konvalesen atau suplai oksigen untuk keluarganya. It's quite depressing somehow. 

Bicara paragraf di atas bukan berarti kondisi di lingkunganku baik-baik aja. Gak juga. Beberapa hari ke belakang aku baru kehilangan salah satu teman sepermainan. Walau gak dekat lagi setelah beranjak besar, rasa kehilangan tetap ada. Rasanya kayak percaya gak percaya aja gitu, kalau dia udah berpulang.

Beberapa orang-orang terdekatku juga dinyatakan positif—keluarga dan pacarku. Alhamdulillah, beberapa anggota keluargaku udah negatif karena perawatannya cukup intensif dan cuma ngalamin gejala ringan. Untuk pacarku sendiri, dia isoman di rumahnya. Cukup bikin aku stres dan bingung juga sih walau bergejala ringan. Selain jadi gak bisa ketemu, aku cuma bisa mantau jarak jauh via WhatsApp dan ngirim makanan pake jasa ojek online (ᴗ_ ᴗ。).

Makanya, sekarang di Jawa-Bali diberlakukan PPKM biar penyebaran virusnya gak makin parah. Rutinitasku yang mayoritas memang sering di rumah, makin di rumah aja karena gak bisa ke mana-mana. Kerjaanku full remote bahkan dari sebelum ada pandemi. Kalau bahasa sekarang WFH, cenah. Jadi ya, sehari-harinya aku emang anak rumahan banget. Tapi, adanya pandemi gini bikin kesal soalnya jadi gak bisa kerja di kafe. Salah satu tujuanku nyari kerja yang remote ya biar aku bisa kerja di mana aja, gak melulu di rumah maupun kantor.

Ya walau barusan aku protes, gak ada yang menarik juga sih dari rutinitasku karena gitu-gitu aja. Kalau hari kerja, aku bangun pagi lalu salat subuh, bersih-bersih rumah, terus bikin sarapan. Begitu ayah udah berangkat ke kantor, baru biasanya aku mulai skipping. Skipping ini juga olahraga yang baru aku tekuni pas pandemi ini, cuma belakangan emang lagi males banget buat mulai (。•ˇ‸ˇ•。). Setelahnya, baru aku mandi kemudian mulai kerja dari jam 9 pagi sampe 5 sore. Di akhir pekan sama aja, cuma jam bikin sarapan jadi agak mundur dan aku andil untuk nyetrika baju (•̀ᴗ•́ )و .

Demi mendapatkan ketenangan karena banyaknya berita duka dan kebingungan ini yang bikin aku cukup overwhelmed, aku mencoba untuk melakukan sesuatu di luar rutinitasku. Menulis di blog ini salah satunya. Selain itu, aku juga mau bikin ruang kerja di rumah keduaku. Jadilah beberapa hari ke belakang salah satu rutinitasku mantau pengecatan ulang di rumah itu, dibantu sama ibu. Maklum baru selesai dikontrak orang, jadi agak pudar warnanya. Hal-hal ini mungkin coping mechanism-ku di kondisi sekarang, kurasa.

Waktu renovasi ulang rumah kedua ini dilakukan di jam aku kerja. Sejujurnya agak repot dan gak terlalu bikin betah karena belum ada koneksi internet. Walaupun aku udah coba untuk mengandalkan Mi-Fi, sinyalnya gak bersahabat banget. Barulah kemarin aku minta untuk dipasangin WiFi supaya makin betah untuk getaway berlama-lama di sana.




Ini pemandangan yang senang kunikmati di halaman belakang. Walau rumah ini gak terlalu besar, buatku teras dan halaman belakangnya nyaman buat melepas penat dari keseharianku di hari kerja. Ruangan yang nantinya mau aku jadikan ruang kerja juga bakal menghadap langsung ke halaman ini. Lumayan, bisa menghirup udara segar kalau kerjaan lagi bikin pusing karena pemandangannya hijau. Halaman belakang ini cukup luas sebenarnya, cuma belum ada foto yang memadai jadi kapan-kapan aja deh aku share di sini. 

Hal sesederhana ngeberesin rumah dan punya ide untuk bikin ruang kerja sudah cukup melegakan buatku sekarang. Seenggaknya ada hal lain yang bisa aku pikirin daripada terus-terusan buka medsos yang suka ada aja konten yang aneh-aneh. Capek.




To be able to be healthy is such a privilege now. Aku bersyukur caraku untuk melepas the overwhelmingness gak repot-repot amat (except the renovating part hahaha!). Bersyukur juga keluarga intiku nurut untuk gak ke mana-mana dan mau disuruh vaksin. The simplest things in life now is an abundance one can hope for. I hope everyone can go through all these.

Oh iya, kayak yang tadi aku sebutin sebelumnya, salah satu rutinitasku pas PPKM ini aku jadi sering kirim makanan ke rumah pacarku. Gak cuma makanan, aku sering juga kirimin dia wedang jahe. Besok-besok bakal aku kasih tau juga deh cara bikinnya, sekalian untuk nambah konten di blog ini. Siapa tahu bikin wedang jahe bisa jadi coping mechanism temen-temen yang baca blog ini. Please do be safe and healthy. See you next time!

(´。• ◡ •。`) ♡

5 comments

  1. Hi Sasya, salam kenal! 🤗 Dan selamat datang di dunia blogger, semoga betah! 😁
    Belakangan ini banyak banget berita dukacita yang juga aku alami 😭 Setiap kali mendengarnya, cuma bisa berharap agar semua ini bisa cepat berlalu dan kita bisa survive semua ini dengan baik 😭. Lama-lama merasa overwhelmed mendengar kabar dukacita seperti ini terus menerus 😭
    Anyway, semoga pacarmu bisa segera sembuh ya 🙏.

    Psss. foto-fotonya bagus banget! 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga!🥰 Iyaa, doakan aku semoga selalu rajin menulis yaa hihi 😆

      Betul banget huhu, jadi butuh waktu untuk keluar dari berita-berita duka ini😭 Bukannya gak mau tau, tapi ada perasaan agak lelah aja gitu 🥺

      Aamiin, terima kasih banyak Lia! (Betul gak, dipanggilnya Lia? If so, we share the same name! ଘ(੭ˊᵕˋ)੭ )

      Aaaa terima kasih! Aku baru buka blogmu juga, tulisannya rapi sekaliii😍

      Delete
    2. Amiiin amiiin. Semoga bisa rajin menulis karena aku suka gaya penulisanmu 😆

      Bener banget! That's how I feel 😢. Pengin refreshing sejenak dari semua ini tapi di luar rasanya nggak aman 😢. Jadi serba salah 😖

      Yess! Dipanggilnya Lia juga 🤭. Kamu lebih suka dipanggil Sasya atau Lia? 😆

      Aaaw 😆 terima kasih udah berkunjung balik! 🤗

      Delete
    3. Ahaha, terima kasih lagi🥺 A simple comment bener-bener bisa bikin mood jadi semangat yaa.

      Iya bener bgt! Biasanya duduk-duduk manis di kafe atau jalan-jalan ke luar sendiri udah seneng, ini gak bisa ngapa-ngapain hiks🥲

      Kalau aku dipanggilnya Sasya sih, kak😆

      Aku bakal rajin-rajin juga nih baca blognya Kak Lia. Rame banget! 😍

      Delete
    4. Wkwk setujuuu! I feel it, too 😆 1 komentar aja bisa bikin mood dan hari jadi berwarna 😍.

      Okaiii. Salam kenal Sasyaa! Panggil Lia ajaa ya 😁. Ayuk mampir dan ketemu teman-teman lainnya 💕

      Delete

One Chocolate Eater